VISI dan MISI

148176Bupati_WakilBupati_SBT copy

Visi

Misi

Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih adalah : “TERWUJUDNYA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR YANG SEJAHTERA MANDIRI DAN BERDAYA SAING BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL”
1. Terwujudnya, memiliki makna bahwa segala sesuatu yang dirumuskan dan ditetapkan dalam dokumen perencanaan harus dapat direalisasikan secara maksimal dengan menggunakan berbagai potensi sumber daya secara efektif dan efesien.
2. Sejahtera, memiliki makna bahwa seluruh kehidupan masyarakat yang berdimensikan nilai sosial budaya ekonomi politik dengan didukung oleh tata kelolah pemerintahan daerah.
3. Kata Mandiri, memiliki makna sebagai sikap berpikir dan bertindak original/kreatif, bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau tergantung pada orang lain.
4. Berdaya Saing, memiliki makna bahwa pembangunan yang dilaksanakan dalam kurung waktu 5 (lima) tahun selain bertujuan untuk mempercepat ketertinggalnya kabupaten Seram Bagian Timur dibandingkan kabupaten/kota Se-Provinsi maluku dalam pembangunan daerah.
5. Berbasis Sumber Daya Lokal,memiliki makna untuk mendukung pelaksanaan pembangunan daerah diberbagai bidang disamping memerlukan sumber daya manusia.

Struktur Organisasi

Profil Pejabat Sruktural

Data Pegawai

NoKualifikasi PendidikanKedudukanTotal
Esselon IIEsselon IIIEsselon IVStaf
1S2 Umum
2Sarjana Strata 11235
Dokter Spesialis
Dokter Gigi
Dokter Umum
Apoteker, Farmasi1135
Perawat 134
Bidan11
Gizi22
Kesehatan Lingkungan22
Kesehatan Masyarakat51116
Sarjana Non Kesehatan22
3Diploma 3 Perawat21214
Perawat Gigi
Bidan22
Gizi
Kesehatan Lingkungan
Farmasi
Tenaga Kesehatan Lainnya
4Diploma 1
Perawat
Bidan
SPRG
SPAG
SPPH11
5SLTA / Sederajat
SMU Umum55
SMEA
SMP
TOTAL66

Tupoksi Dinas

Dinas Kesehatan adalah Perangkat Daerah yang merupakan unsur pelaksanan urusan pemerintahan bidang kesehatan. Dinas Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas Kesehatan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang kesehatan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten Seram Bagian Timur, sesuai peraturan Bupati Seram Bagian Timur nomor 25 tahun 2017 tentang Uraian Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur.

 

Tugas Pokok :

Kepal Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang kesehatan dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah Kabupaten

Fungsi :

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Dinas Kesehatan mempunyai fungsi sebagai berikut :

a. Perumusan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya kesehatan;

b. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya kesehatan;

 

c. Pelaksanaan evalusasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya kesehatan;

d. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan

e. Pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan;

f. Merumuskan kebijakan teknis dan operasional di bidang kesehatan;

g. Mengarahkan penyusunan program dan kegiatan Dinas Kesehatan berdasarkan usulan bidang dan bagian tata usaha, puskesmas serta UPTD;

h. Memantau pelaksanaan program dan kegiatan Dinas kesehatan;

i. Mengendalikan kewenangan dinas yang dimiliki dalam bidang kesehatan;

j. Membina pelaksanaan ketatausahaan, bidang tekhnis dan UPTD;

k. Mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan dengan instansi terkait;

l. Mengevaluasikan setiap pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan secara periodik;

m. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

n. Melaksanakan tugas lain di bidang kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati. 

 

Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam
Melaksanakan koordinasi, pelaksanaan dan pemberian dukungan administrasi
kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan Daerah. Untuk
menyelenggarakan tugas pokok, Sekretariat mempunyai fungsi:

      a. Penyiapan perumusan kebijakan operasional tugas administrasi
          dilingkungan Dinas Kesehatan Daerah; 

 

  1. Koordinasi pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi
    kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan Daerah;

  2. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan tugas administrasi di lingkungan

    Dinas Kesehatan Daerah; dan

  3. Pengelolaan asset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;

  4. Merencanakan operasional kerja Sekretariat Dinas berdasarkan rencana dan

    sasaran yang telah ditetapkan sebagai pedoman kerja;

  5. Mengkoordinasikan segala kegiatan antara bidang dalam lingkup dinas;

  6. Mengatur dan membina kerjasama dalam pengurusan administrasi

    dinas;

  7. Memberi petunjuk analisis dan pengembangan kinerja dinas.  

Subbagian Program, Informasi dan Humas mempunyai tugas membantu
Sekretaris dalam Penyiapan dan koordinasi penyusunan rumusan program dan
informasi, serta penatalaksanaan hubungan masyarakat yang menjadi tanggung
jawab Dinas Kesehatan Daerah.

Subbagian Program, Informasi dan Humas dalam melaksanakan tugas
sebagaimana dimaksud pada menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan kebijakan teknis subbagian;

  2. Pelaksanaan program dan kegiatan subbagian;

  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan

    kegiatan pejabat non struktural dalam lingkup subbagian; dan

  4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat non struktural dalam

    lingkup subbagian;

  5. Merencanakan kegiatan dan program kerja Subbagian Perencanaan

    berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai

    pedoman kerja;

  6. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan

    teknis, pedoman serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas

    Subbagian Perencanaan;

  7. Menghimpun dan menyiapkan bahan-bahan secara menyeluruh untuk

    penyusunan rencana kegiatan dinas;

  8. Memfasilitasi pelaksanaan koordinasi dengan bagian dan bidang lainnya

    untuk menyiapkan bahan penyusunan rencana stratejik dinas.

Subbagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas membantu Sekretaris Penyiapan dan koordinasi penyelenggaraan urusan keuangan dan pengelolaan aset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukunganadministrasiumum yangmenjaditanggungjawabDinasKesehatan Daerah, Subbagian keuangan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi :

a. Pelaksanaan kebijakan teknis subbagian;
b. Pelaksanaan program dan kegiatan subbagian;
c. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan 
kegiatan  pejabat non struktural dalam lingkup subbagian; dan

d. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan pejabat nonstruktural dalam lingkup subbagian

e. Merencanakan kegiatan dan program kerja SubbagianKeuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

f. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan

g.

h.teknis, pedoman serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan tugas Subbagian Keuangan;

Mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan;

Melaksanakan analisis keuangan, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, monev anggaran, dan pelaporan keuangan serta aset dinas.